“Semua berawal dari mindset”, banyak pakar berkata demikian, dan mindset juga mengarahkan arah hidup seseorang. Nah berikut tips mindset rahasia sukses bagi pemilik bisnis online pemula. Semua hal saat ini bisa dilakukan secara online, mulai dari menjalankan bisnis, membangun personal branding, hingga mendapatkan sumber pendapatan yang besar. Dengan jumlah pengguna internet yang meningkat pesat, bisnis online merupakan sarana bisnis di era modern yang dapat membentuk peluang untuk menikmati profit. Yuk simak 7 tips mindset rahasia sukses bagi pemilik bisnis online pemula.
1. Jangan Menilai Sebuah Bisnis Hanya dari Angka Penjualan Tertinggi yang Pernah Dicapai
Tetangga tiba-tiba bercerita bahwa perusahaan suaminya memiliki omset 10 milyar dalam 1 tahun. Saat mendengar kita berpikir bahwa pendapatan itu sangat besar dan terjadi secara terus menerus. Padahal tidak demikian, bisa saja pada tahun-tahun sebelumnya usahanya bahkan merugi, atau dari omset 10 milyar itu, profit yang didapatkan sangat kecil. Pastilah sebuah bisnis ada naik dan turun, miliki hati pantang menyerah, bangun bisnis baru atau pivot ke bisnis lain bila bisnis yg saat ini sudah mulai sulit dikembangkan lagi, atau cari income dari sumber lain.
2. Jangan Terlalu Cepat Ekspansi Bisnis
Ekspansi bisnis merupakan aktivitas memperluas bisnis dengan menciptakan pasar baru, memperluas fasilitas, peningkatan ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha. Bagi pemilik bisnis online pemula jangan loncat terlalu jauh dengan kategori yang pertama kali dibuat, buatlah perencanaan yang matang terlebih dahulu. Konsep berhati-hati dalam memulai sesuatu yang baru, nilai resiko yang ada, lihat sumber daya apakah mencukupi dalam jangka panjang.
3. Tidak mudah merasa puas dan pantang menyerah
Puas dalam hal ini berbeda dengan bersyukur. Sangat baik bila kia selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki. Namun rasa puas ini adalah pintu untuk berhenti melakukan inovasi, berhenti untuk berusaha berkembang menjadi lebih baik lagi. Dalam era yang serba cepat dan persaingan tinggi, sebagai pemula dalam berbisnis harus terus melakukan perkembangan dan invovasi. Kegagalan atau kesulitan tidak boleh mematahkan semangat berbisnis.
4. Selalu Belajar dan Berkembang
Modal dalam berbisnis tidak selalu hanya uang, tetapi bisa juga pengetahuan dan kerajinan. Dengan terus menambahkan ilmu, inovasi dalam bisnis juga akan lebih mudah untuk dilakukan. Cepat tanggap dalam perkembangan produk sehingga produk yang dimiliki tidak ketinggalan zaman. Bila memiliki resources, mengikuti training dan seminar merupakan pilihan yang menarik untuk belajar dengan cepat.
Bisnis bukan hanya modal uang. Modal yang paling penting adalah pengetahuan bagaimana bisnis berkembang dengan melakukan berbagai pembaharuan. Harus selalu belajar sesuatu yang cepat dan juga punya pengalaman mengenai bisnis online bagi pemula seperti mengikuti seminar atau training.
5. Keluar dari Zona Nyaman
Cari teman yang mempunyai mindset yang sama, biasanya jika anda bertemu dengan teman-teman ini anda menjadi lebih terbakar semangatnya. Ini akan membuat wawasan anda berkembang.
6. Boleh Perfeksionis, tapi..
Berjuang untuk kesempurnaan mungkin akan memberikan keuntungan besar, seperti mempersiapkan produk yang sempurna, memiliki sumber daya yang sempurna. Tetapi akan memberi banyak tekanan yang akhirnya menyebabkan kegagalan. Jika pemilik bisnis berusaha keras untuk menciptakan produk yang sempurna, pemilik bisnis akan dibebani dengan serangkaian hal yang perlu dikembangkan oleh tim, bahkan ketika ada kesalahan, akan dianggap kesalahan fatal dan harus mengulang dari awal, hal ini akan membuat bisnis sulit maju dan berkembang.
7. Kritik adalah sarana belajarSiapa yang tidak tau Microsoft?
Perusahaan raksasa teknologi ini berkembang karena belajar dari kritikan pengguna. Bill Gates berkata “Your most unhappy customers are your greatest source of learning”. Alih-alih sakit hati karena dikritik, belajarlah dari kritik seseorang. Orang yang tidak senang dengan produk kita mungkin karena produk kita memiliki kekurangan, dan itu dapat kita perbaiki agar lebih banyak lagi pelanggan yang puas.